8/11/2012

Robot Curiosity NASA Berhasil Mendarat di Mars

SHARE ON :


Sebenarnya saya mengupdatenya udah ketinggalan, tapi ngga papa lah, Tujuan akhir dari misi yang beranggaran USS 2,5 miliar ini adalah Mount Sharp, gunung dengan puncak setinggi 5,5 km yang berada di tengah kawah Gale.
Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan robot pengelana bernama Curiosity, telah berhasil mendarat di Planet Mars setelah melakukan perjalan sejauh 570 km dengan kecepatan 20 ribu km/jam pada Selasa lalu (7/8).
...
Robot itu dilengkapi dengan 10 instrumen sains canggih, termasuk laser yang dapat mengetahui elemen yang terkandung di dalam batu guna mencari tahu apakah lingkungan Mars sesuai untuk kehidupan.
...
Curiosity mendarat di sebuah ceruk dalam yang diberi nama Kawah Gale, pada pukul 5.24 GMT (11.54 WIB). Adapun tujuan akhir dari misi yang beranggaran USS 2,5 miliar ini adalah Mount Sharp, gunung dengan puncak setinggi 5,5 km yang berada di tengah kawah Gale.
...
Tim Curiosity berharap bisa membawa robot penjelajah ke gunung tersebut untuk meneliti bagian dasar pegunungan yang menurut para ilmuwan mengandung petunjuk tentang perubahan lingkungan pada masa lalu. Data satelit sementara mengindikasikan bahwa sedimen di dasar Mount Sharp menunjukan tempat keberadaan air.
...
Tim NASA yang memantau proses pendarat dari Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, menggungkapkan misi kali ini merupakan sebuah pencapaian yang baik karena dua misi sebelumya gagal menembus atmosfer Mars. "Bahkan proses pendaratan tersebut berjalan relatif tanpa hambatan," ungkap seorang insiyur NASA kepada BBC.

...
NASA juga sudah melangsir sekitar 300 foto yang diambil robot penjelajah tersebut dan menurut laporan BBC, nantinya foto-foto tersebut akan disatukan menjadi sebuah film. Dari foto-foto tersebut terlihat gambar sewaktu perisai panas yang dibuang dari kendaraan mendekat ke daratan, juga debu-debu yang tersibak saat kendaraan robotik itu diturunkan dengan derek di kawasan kawah Gale.
...
Hingga saat ini, NASA terus menjalankan serangkaian penelitian melalui robot penjelajah untuk mencari tanda-tanda kehidupan yang mungkin pernah terjadi di planet merah tersebut.
Ini beberapa gambar yang di ambil  Robot Curiosity di Mars :
...
 ...

Comments with Facebook
0 Comments with Blogger
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Posting Komentar

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Mohon untuk tidak melakukan SPAM, apabila nyepam komentar akan langsung dihapus