12/03/2011

Aksara Jawa Bakal Menjadi Font Program Windows Versi Terbaru

SHARE ON :

Sungguh membanggakan, satu lagi budaya asli bangsa indonesia yaitu Aksara Jawa telah diakui internasional. Yaitu bahasa yang lebih dikenal dengan istilah Hanacaraka akan segera menjadi bagian dari program Windows versi terbaru.

Menurut Ki Demang Sokowetan, pemerhati aksara dan bahasa Jawa, di Surabaya, Kamis 1 Desember 2011 mengatakan bahwa Unesco telah membantu mendaftarkan Aksara Jawa menjadi font komputer kepada Unicode.

Unicode selaku lembaga yang berwenang mengatur dan membuat standar kode pada sistem komputer di seluruh dunia telah mengakui dan akan memasukkan Aksara Jawa dalam font komputer. Ok untuk gambaran font Alsara Jawa lebih jelasnya berikut:
Berbanggalah sebagai oirang jawa, itu artinya satu dari budaya kalian diakui dan dihormati orang didunia. Jangan sis-siakan warisan budaya yang luhur ini. Untuk realisasinya Microsoft berjanji memasukkan dalam Windows versi terbaru mungkin bernama Win-8. Sebab sekarang Windows7 sudah dipasarkan dan nggak mungkin lagi memasukkannya kecuali dengan instal manual oleh user.

Unesco tertarik untuk membantu karena dunia menganggap aksara Jawa sudah perlu diselamatkan agar tidak punah. Karena itu registrasi secara font diharapkan akan dapat menjamin hal itu.


Sebagai pengembang peranti lunak, Microsoft dan Apple juga memiliki kepentingan dengan aksara Jawa asli Indonesia  dimana mereka menganggap kita sebagai pasar komputer yang dinamis.

Sumber

Comments with Facebook
0 Comments with Blogger
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Posting Komentar

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel
2. Mohon untuk tidak melakukan SPAM, apabila nyepam komentar akan langsung dihapus